Sejarah dangdut koplo

Di posting oleh Cemetz Wonk pada 05:36 PM, 09-Jan-10

Dangdut? Jesal Indonesia, Rhoma Irama n Sonetanya, Inul Daratista n Ngebornya, Dewi Persik n sensasinya, may be right or may be not? Yang jelas dangdut adalah musik tradisional Indonesia yang pada era 60-an Mashabi dan Elia Khadam artis pertama yang melagukan dan pada masa itu orang menyebutnya musik Melayu, pada era 70-an musik melayu ini semakin mendapat hati di telinga pencinta musik tanah air khususnya di Jawa dan klimaknya pada tahun 1973 dengan berkibarnya bendera Orkes Melayu ( OM ) Soneta yang di motori oleh Rhoma Irama dan ditahun ini pulalah launching album perdana Soneta , kemunculan Soneta rupanya jadi inspirasi musisi bahkan penyanyi di Indonesia pada masa itu dan sudah barang tentu sampai sekarang, maka muncullah penyani seperti A. Rafik, Nur Halimah, Elvi Sukaisi, Mansur S, dll. Dari tahun ketahun perkembangan industri musik ditanah air semakin mengila, tak terkecuali musik dangdut. Pada era 80 – 90-an musik dangdut mulai mengalami metamorfosis, ada Pop Dangdut, Rock Dangdut, Disco Dangdut dan pada akhirnya di era 2000-an booming aliran dangdut baru yang disebut orang sebagai Dangdut Koplo. Siapa dan darimana asal musikkoplo?
Nah…. Ini yang akan kita bahas
Apa yang membedakan dangdut koplo dengan dangdut lain? Nothing difference! But, dangdut koplo memiliki specific characteristic pada tempo dan permain gendang. Jadi kalau kita ‘mbahas dangdut koplo pertanyakannya adalah siapa yang pertama kali yang memainkan gendang? Dangdut koplo pertama kali di mainkan dalam sebuah komunitas kecil di sebuah daerah pingiran kota Surabaya pada tahun1993 tepatnya di daerah Girilaya. Dan pada saat itu yang pegang gendang adalah Mas Naryo bahkan saat itu disebut dangdut kotekan ( Musik patrol untuk membangunkan warga di bulan Romadhon pada saat sahur ). Permainan gendang Mas Naryo akhirnya disempunakanoleh Mas Sugeng yang akhirnya menjadi dangdut koplo, pada era ini mulailah semual banyak bermunculan musisi dangdut koplo hingga akhirnya OM. Avita ( Mas Udin yang pada saat itu pegang gendang ) yang mengenalkan dangdut yang enerjik pada masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Tapi akhirnya yang paling berpengaruh dan mempengarui permainan gendang orkrs melayu saat ini adalah Slamet New Palapa, boleh dibilang permainan gendang koplo slamet memang disa dinikmati, sehingga banyak orang yang salah tafsir dengan mengatakan yang ngoplo pertama kali adalah Slamet padahal seperti uraian diatas, orang yang pantas dihormati dan di banggakan adalah Cak Naryo kemudian Cak Sugeng ( walau aq sendiri ‘gak wero wonge ) tapi tentu saja tidak mengurangi rasa hormat dan penghormatan kepada Slamet, permainan kendang slamet tidak bisa dianggap remeh, kelincahan serta kecangihan memainkan jemari tangan diatas sikulit bundar emang tak perlu diragukan lagi, belum lagi improfisasi dan kecerdasanya dalam mengolah gendang adalah merupakan satu kelebihan dari si slamet, Salut Met!
tapi bukan performe musisi yang kita nilai semua musisi dangdut koplo cerdas cerdas dan cangih dalam bermain kendang, memang dari masing masing pemaingendang memiliki ciri khas masing masing. dan yang selalu membuat aku bangga keoada insan dangdut adalah kerja keras untuk mempertahankan musik dangdut terus berkiprah di dunia industi musik Indonesia.
salam kepada Musisi dan penyanyi Lokal maupun Nasional, jayalah selalu musik Tanah air.
kepada para pembaca mohon maaf apa bila ada kekeliruan dalam tulisan aq ini, mungkin info yang aq korek kurang sempurna, aq mengharap masukan dan kritik yang membangun, thanks n brovo musik dangdut tanah air.
(Original post JM Entertainment)

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

14 tanggapan untuk "Sejarah dangdut koplo"

christin pada 05:20 AM, 20-Apr-10

i lup koplo dangdut...................... penghilang stersssssssssssssss

christin pada 05:20 AM, 20-Apr-10

i lup koplo dangdut...................... penghilang stersssssssssssssss

Arifin pada 04:44 AM, 08-Jan-11

Oww tnyta gitu sjrahnya. . . . Tp skg kyakny Om.Avita dh g kelihatan,. Kmn ya?Pa udah buyar. . . ? A adlh dangduters sjati,kr2 dr thn 2002 a mulai menyukai yg nmy dgdt koplo,dr mulai om.Avita,bianglala,binaria,palapa,ravita,sera,monata,dll pkoky komplit a puny koleksi cdnya. . ! Hingga akhrny a terinspirasi&blajar maen kendang smpai skg,a kgum ma pkulan tnganya cak selamet ma cak ipan yg bs mengotak atik suara kendang mjd variasi trsendri yg unik bgt,. pkoky dangdut neverdays. . . !

Paidi pada 07:26 AM, 18-Mar-11

Maju trus koplo mania...Salam asolole...

Cemetz Wonk pada 06:44 PM, 03-Jul-11

sory 4 all ,admin ga prnh update...,
lost pswd..

kelik pada 01:21 PM, 09-Aug-11

jaya dangdut koplo..krn sdh bnyk menghidupi seniman dangdut...

Fadlan pada 02:42 PM, 18-Oct-11

Musik koplo tsb jngn smpai mati d kalangan msyarkt,krna mrupkn suatu hburn yg bsa mmbuat smngt msyrkt pcnta dngdt kplo.
Salam buat om.slamet
By,fadlan

Dwi Agung Kurniawan pada 03:42 PM, 09-Sep-12

Pengen bisa main sebagus Cak Slamet & Cak Ipan..

sugex pada 08:27 AM, 12-Nov-12

pokoke music koplo di hati
jangan gubris omongan nya oma irama yg bilang koplo music erotis ,yang erotis itu pnyanyi nya bukan music nya

rohadi pada 03:27 AM, 13-Apr-13

dangdut players jawa timur memang luar biasa, bagi2 ilmu dong ke peusik jawa tengah. Bravo Koplo! Berkarya dan santun...

Yudi tri pada 01:17 AM, 29-Apr-13

Saya anti dangdut koplo karena dangdut koplo sudah merusak tatanan musik dangdut asli. Bukan dangdut asli saja, tapi koplo juga merusak tatanan genre musik lain spt kendang kempul, campur sari, pop, rock, dll. Ditambah lagi unsur" erotisnya yg jadi ciri khas koplo. Itulah sebabnya banyak musisi dangdut/musisi genre lainnya yg menolak lagu" dikoplo. Bahkan KPI pun membatasi siaran" dangdut koplo di tv/radio di seluruh indonesia. Maju terus musik dangdut indonesia asal jangan dangdut koplo.

Yudi tri pada 01:27 AM, 29-Apr-13

Sugex@anda salah. Ada benarnya ucapannya dari bang haji bahwa ada yg salah dg dangdut koplo. Dangdut koplo ada unsur" erotisnya yg menjadi ciri khas dangdut koplo bahkan gaya musik koplo saja yg sudah melenceng dr musik dangdut. Bang haji rhoma saja sangat prihatin dg musik dangdut sekarang yg semakin terpuruk. Jadi bukan rhoma saja yg komen gitu. Masih banyak musisi dangdut yg ngomong gitu tapi kok nyalahin rhoma?

tony jaa go pada 01:34 PM, 05-May-13

wes. . . .gk ush salah bener salah bener ceng penting ayo cak slamet jotos terus kendange sampek muncul irama seng merdu.
New pallapa yesssssssss...

Va'iy vocus pada 05:14 PM, 15-Jun-13

Tidak semua dangdut koplo ada unsur erotisnya brooow'

maju trus DANGGUT KOPLO INDONESIA.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar